Tuesday, March 1, 2016

Pucok Krueng yang Menawan



Dalam artikel ini, saya akan membahas tentang pucok krueng. Pucok Krueng (Bahasa Aceh) merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Aceh Besar tepatnya di kecamatan Lhoknga, Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia.

Secara bahasa Pucok bermakna hulu/ujung, sedangkan krueng  bermakna sungai. Apabila keduanya diartikan, bisa bermakna Hulu Sungai. Ini sesuai dengan jenis tenpat wisata ini sendiri dimana wisata Pucok Krueng merupakan hulu sungai yang ujungnya tebing gunung.

Setidaknya pengunjung harus menyusuri jalan sejauh hampir lima kilometer ke dalam hutan. Memang akses jalannya agak ekstrim, namun dengan kondisi sekitar yang rimbun hijau, tentu hal ini bisa membuat pengunjung seakan menikmati sebuah petualangan.

Pucok Krueng berbentuk sebuah danau kecil dengan air yang berbeda dari sungai atau mata air yang biasanya. Ini dikarenakan pengaruh dari batuan kapur yang banyak terdapat disekitarnya.

Pegunungan kapur yang memutih disekitarnya terasa sangat kontras berpadu dengan hijaunya pohon-pohon. Pada hari-hari tertentu objek wisata ini banyak didatangi pengunjung. Tak heran jika di tengah hutan seperti ini juga terdapat pedagang yang menjual makanan ringan dan juga air mineral.

Setiap pengunjung bebas duduk dimana saja, jika ingin mandi dan merasakan kesejukannya, pengunjung bisa langsung berendam. Di lokasi ini sudah dibuat sebuah tanggul untuk membendung air, sehingga kita dapat menyeberang ke sebelah sungai. Namun, jika sedang musim penghujan, jangan pernah mencoba untuk menyeberanginya, atau anda akan mendapat masalah yang serius.

Perpaduan antara gunung kapur yang memutih dengan air biru yang terkesan dalam, juga keasrian disekitarnya, membuat mata tak henti memandang. Cobalah duduk di bawah rerimbunan pohon disekitar Pucok Krueng Raba, dengan memandangi daerah disekitarnya, hal ini seakan menjadi obat untuk merefresh fikiran dan memberi ketenangan yang tiada tara. Kecantikannya sungguh luar biasa, jangan sampai tidak ada nama pulau ini di dalam perjalanan wisata anda :)

0 comments:

Post a Comment