Friday, March 4, 2016

Pantan Terong Tempat Menguji Adrenalin

Dalam artikel ini, saya akan membahas tentang Pantan Terong. Pantan Terong berada di Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia. Pantan Terong adalah tempat di puncak bukit dataran tinggi gayo dan salah satu objek wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. 
Pantai-pantai hingga seluruh kota Banda Aceh pun terlihat dari wisata puncak bukit Pantan Terong Takengon. Pantan Terong memiliki fasilitas yang cukup baik dimana wisatawan dapat memanjakan mata dengan pesona keindahan yang terhampar.
Biaya masuk untuk menikmati pemandangan dari atas kota Banda Aceh ini cukup murah dan terjangkau yaitu Rp. 2000,- per orang. Tarif tersebut dialokasikan oleh pengelola objek wisata Pantan Terong untuk menjaga keindahan alam sekitar di area pantan Terong ini. Pantan Terong juga terkenal dengan keindahan sunset dan sunrise yang bukan hanya bisa dinikmati di pantai saja.
Wisatawan juga bisa melakukan aktivitas yang menantang, seperti paralayang (gantole). Anda dapat melihat seluruh pemandangan dengan melayang di atas danau laut tawar, dan juga gunung-gunung serta bukit yang mengelilingi sekitar kota Aceh Tengah.
Pantan Terong juga memiliki fasilitas pendukung lainnya seperti fasilitas ibadah, rumah panggung dan juga beberapa fasilitas tempat untuk duduk-duduk dengan secangkir minuman saat menemani wisatawan memandang Banda Aceh dari dataran tinggi.
Wilayah Kabupaten Aceh Tengah yang beribu kota Takengon ini memiliki luas wilayah sekitar 4.318,39 km yang sudah terbagi menjadi 14 kecamatan. Tepatnya dataran tinggi tempat wisata Pantan Terong berada di Kecamatan Bebesan, 7,5 km dari kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah.
Perjalanan untuk menuju tempat wisata alam Pantan Terong pun tidak sulit. Anda tidak perlu khawatir karena jalanan yang menuju tempat wisata pun terpelihara dengan baik. Namun sayangnya wisatawan hanya dapat mencapai puncak bukit dengan menggunakan kendaraan sendiri baik menggunakan mobil atau motor. Selain itu kondisi kendaraan yang digunakan sebaiknya dipastikan benar-benar pas untuk medan yang cukup banyak terdapat tanjakan yang cukup terjal.
Untuk menuju Pantan Terong jarak yang harus ditempuh sekitar 5 kilometer dari pusat Kota Takengon atau sekitar 15 menit dengan kendaraan roda dua. Bengkel-bengkel kecil sepanjang jalan menuju Pantan Terong juga siap membantu jika kendaraan mengalami gangguan.
Bagi anda yang sangat gemar dengan photografi dengan latar pemandangan alam, tentunya tempat ini sangat cocok untuk melakukan pemotretan. Pemandangan laut, kota dan juga bukit-bukit yang terhampar di depan mata bisa dijadikan objek menarik untuk anda abadikan. Jika ingin melepas penat setelah melakukan setumpuk aktivitas rutinitas harian, tidak ada salahnya untuk mengunjungi objek wisata yang satu ini :)


0 comments:

Post a Comment