Tuesday, March 1, 2016

Pulau Rubiah Surganya Taman Laut


Dalam artikel ini, saya akan membahas pulau rubiah. Pulau Rubiah adalah salah satu pulau yang terletak di daerah Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia. Pulau ini merupakan bagian dari wilayah kota Sabang, tepatnya di sebelah barat-laut dari pulau Weh.
Pulau ini hanya dijaga oleh sepasang suami-istri yaitu Pak Yahya dan Ibu Ismar. Di pulau ini hanya ada satu bungalow dengan dua kamar yang bisa disewa oleh turis lokal maupun asing. Pulau yang luasnya sekitar 2600 hektar ini, menawarkan keindahan surga bawah laut dan wisata bahari yang sangat memukau. 

Pulau ini dijuluki sebagai surga taman laut. Hal ini dikarenakan pulau ini layaknya sebuah akuarium yang berisikan berbagai macam hiasan di dalamnya. Untuk menyeberang ke Pulau Rubiah Sabang, kita menggunakan perahu yang tarifnya Rp. 20.000,- untuk pulang pergi, dengan sistem antar jemput. 

Dijemputnya, tergantung permintaan penumpang ingin sampai jam berapa. Bisa juga dengan menyewa perahu kaca dengan harga sewa Rp. 350.000 untuk setengah hari, dan Rp. 750.000 untuk satu hari penuh, untuk kapasitas 10-15 orang.
Bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan taman bawah laut, pulau ini telah menyediakan fasilitas penyewaan perlengkapan untuk snorkling. Harganya yakni sekitar Rp 40.000/orang per hari. Meskipun telah tersedia fasilitas penyewaan perlengkapan menyelam, namun pulau ini masih sangat minim untuk fasilitas lainnya seperti fasilitas untuk menginap, gazebo untuk istirahat, dll.


Selain menjadi tujuan wisatawan lokal maupun asing, Pulau Rubiah ini ternyata juga dimanfaatkan sebagai tempat penelitian biota laut seperti terumbu karang dan ikan karang. Dari 15 jenis biota laut yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia, 14 biota laut diantaranya terdapat di Taman Laut Pulau Rubiah ini. Sungguh sebuah tempat yang sangat pantas untuk dikunjungi terutama bagi wisatawan yang memiliki hobi menyelam. 
Jadi, ayo cantumkan Pulau Rubiah ini dalam daftar perjalanan Anda :)

0 comments:

Post a Comment