Tuesday, March 1, 2016

Kecantikan Pantai Cermin Ulee Lheue


Dalam artikel ini, saya akan membahas pantai cermin di Ulee Lheue, Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia. Pantai Cermin di Ulee Lheue merupakan pantai yang memiliki air yang sangat tenang. Layaknya laut, ada masa ketika air menjadi berbuih dan berombak, tetapi ketika air laut sedang tenang, permukannya terlihat sangat cemerlang sehingga mampu memantulkan langit dan awan serta cakrawala di seberang jauh.

Ketenangannya disebabkan karena bentuk daratan yang mengepung pantai atau berupa sebuah teluk. Bentuk tersebut juga menjadi daya tarik sendiri kepada banyak wisatawan yang berkunjung ke sini. Tentunya pantai ini memiliki daratan yang landai dan aman untuk anak-anak bermain tanpa pengawasan terlalu ketat.
Pantai Cermin Ulee Lheue - merupakan pantai yang pernah terkena dampak paling parah dari tsunami aceh tahun 2004 lalu. Desa terdekat yang bernama desa Ulee Lheue yang terletak persis di tepi pantai habis dihantam gelombang tsunami. Sebagian besar sudah hancur porak poranda, yang tersisa hanyalah puing-puing bangunan dan pepohonan yang tumbang sisa bencana alam tersebut. 
Untuk menuju ke pantai cermin Ulee Lheue tidaklah sulit, lokasinya sangat strategis. Hanya berjarak sekitar 3 km dari pusat kota Banda Aceh. Pengunjung dapat menyewa mobil dengan tarif biasanya Rp.400.000,- sudah termasuk supir dan bensin untuk 10 jam sewa (tergantung pada tawar-menawarnya), atau pun dengan naik angkutan umum dengan menuju terminal dalam kota banda aceh.

Naiklah angkot atau labi labi yang bernomor 05, dengan trayek jurusan terminal–punge–ulee lheu. Angkot jurusan ini akan menuju ke beberapa objek wisata seperti museum tsunami Aceh, blang padang,kapal apung serta pantai ulee lheu. Tarif untuk sekali naik angkot untuk mahasiswa sebesar Rp 2.000,- sedangkan untuk umum seharga Rp 4.000,- .
Labi labi atau angkot hanya beroperasi sampai pukul 18.00 WIB, untuk angkutan alternatif jika tempat tujuan tidak dilalui angkutan umum bisa dengan naik becak motor dengan tarif Rp 3.000,-/km. Rata-rata untuk di dalam kota harganya berkisar Rp. 15.000- 20.000,- .
Sepanjang jalan daerah pantai Ulee Lheue ini pengunjung pun akan banyak menemui penjual jagung bakar. Pengunjung dapat duduk santai menikmati pemandangan di pantai sambil menikmati jagung bakar. Selain dapat menikmati keindahan suasana pantai,pengunjung dapat pula memancing ikan di sekitar pantai.

Jika tertarik untuk memancing di lautnya,pengunjung bisa menyewa perahu nelayan setempat dengan harga yang bisa ditawar.  Di daerah Ulee Lheue terdapat pula pelabuhan kapal Ulee Lheue yang siap mengantarkan pengunjung untuk menuju Pulau Weh. Ada dua jenis kapal yang siap mengantar pengunjung menuju pulau weh yaitu kapal cepat,yang hanya mengangkut penumpang dan kapal lambat atau kapal ferry yang bisa mengangkut kendaraan.

Tidak heran jika pengunjung ramai ke pantai ini, suasana pemandangan yang diberikan pantai memang sangat indah dengan panorama perbukitan yang menghijau mampu menambah kecantikkan alam daerah ini. Selain menikmati pemandangan pantai Ulee Lheue ini,pengunjung dapat pula mencoba wahana permainan air yang tersedia,salah satunya yaitu perahu angsa. Ayo, jangan sampai tidak ada nama pantai cermin di jadwal perjalanan wisatamu :)


0 comments:

Post a Comment