Friday, March 4, 2016

Keistimewaan Pantai Lhok Keutapang

Dalam artikel ini, saya akan membahas mengenai Lhok Keutapang yang berada di Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar, Nanggroe Aceh Darusssalam, Indonesia.

Untuk mencapai pantai ini diperlukan usaha dan keinginan yang kuat karena letaknya di balik perbukitan, sehingga siapa saja yang ingin ke pantai Lhok Keutapang harus mendaki Bukit yang terjal dan akan menguras tenaga. Namun, bagi anda yang suka berpetualang hal tersebut bukan suatu masalah ketimbang pengalaman dan kepuasan yang akan didapatkan bila sampai ke pantai Lhok Keutapang.

Pantai Lhok Keutapang berjarak sekitar 15 menit perjalanan dari kota Banda Aceh dengan laju kendaraan sedang. Jika dari pusat kota banda Aceh, maka arah yang bisa Anda tempuh adalah arah ke pelabuhan Ule Lheue. Selain itu, ke pantai Lhok Keutapang bisa ditempuh juga dari arah Lhoknga dan Lampuuk.

Setelah sampai, Anda bisa memarkirkan kendaraan di pekarangan peternakan ayam. dengan biaya parkir Rp. 5.000 per unit sepeda motor. Perjalanan dimulai dari dekat sebuah musholla. Tepatnya di samping mushalla itu, ada jalan menuju ke pantai Lhok Keutapang. 

Awalnya akan melintasi kebun milik warga yang dipenuhi dengan pohon cengkeh dan pohon lainnya. Sedikit demi sedikit jalur mulai mendaki dan terus saja mendaki. Bagi anda yang baru pertama kali ke pantai Lhok Keutapang tidak perlu khawatir bila takut tersesat, karena jalurnya sudah ditandai dan tidak ada jalur yang bercabang-cabang. Perjalanan anda akan berhenti bila sudah sampai di kebun cabai milik warga.

Anda harus memasuki area kebun cabai itu dan mengikuti petunjuk yang diletakkan di kebun tersebut. Berhati-hatilah mendaki di area kebun tersebut karena kemiringan bukit yang curam. Setelah meninggalkan kebun cabai itu perjalanan dilanjutkan dengan mendaki.

Pemandangan hutan dengan segala isinya akan Anda nikmati. Perjalan mendaki akan segera berakhir karena sudah mulai sampai ke puncak bukit. Sekarang ini perjalanan yang Anda lalui adalah turunan-turunan yang lumayan curam sehingga anda harus berhati-hati.

Nantinya anda akan melalui sebuah  aliran sungai kecil. Ada baiknya anda mengambil air itu untuk keperluan memasak di pantai Lhok Keutapang nantinya karena disana tidak ada air tawar. Bila sudah mau sampai ke pantai Lhok Keutapang maka Anda akan disambut oleh padang ilalang yang ketinggiannya 1 meter lebih.

Perjalanan ke Lhok Keutapang berkisar antara 2 jam sampai 3 jam, tergantung kecepatan Anda melangkahkan kaki. Panorama laut ditambah pula dengan kesunyian yang tidak seperti pantai biasanya, menjadi kelebihan tersendiri yang dimiliki oleh Pantai Lhok Keutapang.:)


0 comments:

Post a Comment