Friday, March 4, 2016

Kejernihan Pantai Iboih


Dalam artikel ini, saya akan membahas tentang Pantai Iboih (baca:Iboh). Pantai Iboih sebenarnya bernama resmi "Teupin Layeu" tetapi lebih dikenal dengan Pantai Iboih, terletak di sebelah barat Pulau Weh, ujung barat Pulau Sumatera, Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia. Pantai Iboih sebenarnya merupakan pelabuhan yang digunakan untuk menuju ke Pulau Rubiah.
Setibanya di Sabang, wisatawan bisa memilih taksi sebagai transportasi menuju Iboih, Sumur Tiga, Gapang, Tugu Nol Kilometer, atau ke Kota Sabang. Selain karena murah, Pantai Iboih menjadi tempat paling nyaman untuk bersantai. Wisatawan bisa memilih penginapan dengan harga dan fasilitas yang diinginkan. 

Lingkungan sekitar dan masyarakatnya juga sangat ramah, serta memberikan pelayanan yang sangat bersahabat. Pagi hari adalah saat paling nikmat untuk snorkeling. Selain karena plankton belum naik ke permukaan, suasana sejuk pagi akan memberikan kesan takjub yang lebih mendalam. 

Yang menarik dari Pantai Iboih adalah keberadaan anak hiu. Ya, jika beruntung, Anda akan menemukan anak-anak hiu yang berenang dekat pantai. Biasanya mereka ada di kedalaman 2-3 meter. Tak perlu takut, Anda hanya perlu memastikan tak ada darah di sekitar tubuh.

Di Pantai Iboih, wisatawan akan dihadapkan dengan banyak titik penyelaman. Mungkin tak cukup sehari untuk menikmati isi bawah airnya. Terutama jika ingin diving di daerah ini, saya rasa butuh seminggu untuk puas bermain di Sabang.

Pantai ini menjadi salah satu tujuan para pelancong dari berbagai belahan dunia. Tidak mengherankan jika saat kita berkunjung ke pantai ini maka didominasi oleh wisatawan mancanegara yang menetap hingga berminggu-minggu.

Perahu yang tersedia secara umum terdiri dari perahu kecil dan perahu besar. Perahu besar umumnya dilengkapi jendela kaca yang menghadap ke dasar dan dapat digunakan untuk melihat keindahan bawah laut dari atas kapal.

Bagi anda yang ingin snorkling dan diving, anda bisa menyewa alat snorkling cukup dengan harga Rp 40.000,- per orang dan peralatan yang dapat digunakan adalah pelampung, master snorkling, dan kaki katak. Bagi anda yang ingin menikmati alam bawah laut lebih leluasa, anda bisa menyewa peralatan diving sekaligus didampingi oleh guide dengan membayar Rp 400.000 per orang atau 25 Euro bagi turis asing.

Meskipun sebuah pelabuhan, namun keindahan Pantai Iboih tidak diragukan lagi. Air lautnya yang jernih dan memiliki warna gradasi hijau biru ditambah hamparan pasir putihnya yang bersih serta dikelilingi oleh hutan lindung, Iboih bagaikan “surga” tersembunyi dengan suasana tenang dan damai :)



0 comments:

Post a Comment