Saturday, February 27, 2016

Keindahan Air Terjun Suhom


Dalam artikel ini saya akan membahas tentang air terjun suhom berada di Desa Suhom dan Desa Kreung Kala, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia
.
Nama lain Air Terjun Suhom adalah Air Terjun Lhoong atau Krueng Kala,  Air terjun ini memiliki sumber air dari sebuah perbukitan dengan tumpahan airnya sekitar 20 meter.


Air terjun ini menjadi sumber energi listrik bagi masyarakat di sekitar Desa Kreung Kala. Sebuah pembangkit listrik tenaga mikrohidro kini telah dibangun di dekat air terjun dan dioperasikan untuk mengaliri listrik kepada 200 KK (Kepala Keluarga) penduduk Desa Kreung Kala.



Air terjun ini berada di tengah panorama alam yang  indah dan alami. Di sekitarnya terdapat banyak pohon durian, sehingga pada  musim durian banyak yang berjualan durian di sekitar air terjun. Di samping  itu, di sekitar air terjun juga terdapat lokasi yang dapat digunakan untuk  berkemah (camping).



Untuk mencapai Air Terjun Suhom dari Banda Aceh, memerlukan waktu kurang lebih satu jam dengan menggunakan angkutan. Perjalanan ke sana  melalui rute Banda Aceh – Calang (Aceh Jaya), melewati Pantai Lampuuk, Pantai  Lhoknga dan Kecamatan Leupung.
Lokasi wisata alam Air Terjun Suhom, saat ini terutama pada  setiap hari libur selalu ramai dipadati pengunjung yang berekreasi, baik warga  lokal maupun wisatawan asing. Pengunjung yang berasal  dari luar kota atau turis mancanegara yang ingin mengetahui lebih mendalam tentang seluk beluk Air Terjun Suhom, di tempat ini terdapat pemandu wisata yang  berasal dari warga lokal dan tidak terdapat penginapan. Ada baiknya berkunjung disaat hari biasa agar bebas berekreasi.. 
Lebih asik jika anda datang beramai-ramai bersama teman maupun keluarga anda. Suasana alam yang mendukung mampu membuat anda merasakan liburan yang menyenangkan di area Air Terjun Blang Kolam ini. Jadi, tunggu apa lagi. Jangan sampai tempat wisata yang satu ini terlewat dalam daftar wisata anda. Tunggu apalagi, ayo datang ke air terjun suhom. :)


0 comments:

Post a Comment